Headline News

header-int

Wisata Edukasi Dinas Perikanan di Kabupaten Pesisir Selatan

Kamis, 31 Mei 2018, 13:54:15 WIB - 97 | Administrator
Wisata Edukasi Dinas Perikanan di Kabupaten Pesisir Selatan

WISATA EDUKASI PERIKANAN

Potensi dan luas perairan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) cukup besar. Jika dikelola secara baik dan terorganisir maka akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pendapat itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan dalam Rapat yang dihadiri oleh seluruh OPD Rabu/11 April 2018. Beliau menyampaikan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus punya target dan sasaran yang akan dicapai khususnya dalam sektor perikanan sebagai salah satu sumber unggulan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya melihat para petani dan nelayan kita masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. Padahal mereka tinggal di kawasan yang berpotensi menyejahterakan. Inilah yang menjadi fokus kita untuk mencari akar masalahnya.

Dinas Perikanan fokus membenahi persoalan tersebut agar kelompok nelayan ,pembudidaya dan pengolahan betul-betul eksis dalam bekerja. “Saya ingin mengajak para penyuluh untuk membenahi diri bersama kelompok budi daya perikanan dan nelayan dari sisi sumber daya manusia. Bagaimana meningkatkan kualitas hasil perikanan. Untuk tambahan modal nelayan dan pembudidaya, Dinas Perikanan melalui Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) akan memfasilitasi kelompok nelayan dan pembudidaya ke pihak perbankan.

Sebab dari dua belas kecamatan di Pesisir Selatan yang berada di garis pantai harus dipetakan wilayah pengembangan perikanannya.

Sektor Perikanan Budidaya misalya di Kecamatan Koto XI Tarusan dan IV Jurai yang saat ini mengembangkan kelompok jaring apung Kerapu. Di Kecamatan Koto XI Tarusan juga sedang dikembangkan budidaya udang vannamei di tambak dan di kecamatan lain seperti Sutera, Ranah Pesisir dan  Linggo Sari Baganti juga sangat berpotensi untuk pengembangan tambak udang tersebut.

Untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan. Dari sektor Perikanan Budidaya membuat trobosan yaitu memadukan pengelolaan kawasan perikanan budidaya dengan pariwisata yang di sebut dengan “WISATA EDUKASI PERIKANAN

 

Berbicara tentang wisata, kadang persepsi khalayak akan terfokus kepada obyek yang bisa hanya diamati, sebutlah Kawasan Pantai Carocok Painan atau Jembatan Akar dan sebagainya. Sebetulnya, ada suatu konsep wisata yang bisa saling berinteraksi, dimana wisatawan bisa belajar sekaligus melakukan kegiatan yang dilakukan masyarakat yang menjalankan aktivitas di kawasan wisata tersebut.

BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR LAUT DAN PAYAU (BPBALP) Sungai Nipah Painan Selatan.

Pengelolaan Kawasan Perikanan Budidaya untuk Wisata Edukasi di Kabupaten Pesisir Selatan dengan konsep memadukan Kawasan Wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dengan Potensi Perikanan Budidaya antara lain Balai Benih Ikan Pincuran Boga di Painan, Balai Perikanan Budidaya Air Laut dan Payau, dan Budidaya Keramba Ikan Kerapu Di Sungai Nipah Painan Kec. IV Jurai sedangkan untuk lebih luasnya yaitu memadukan antara Kawasan Wisata Mandeh dengan Budidaya Tambak Udang , Kegiatan Budidaya Keramba Ikan Kerapu dan Hatcery di Kawasan Mandeh yang bertujuan menambah ragam Destinasi Wisata di Kabupaten Pesisir Selatan dan wisatawan bisa belajar sekaligus melakukan kegiatan yang dilakukan masyarakat yang menjalankan aktivitas di kawasan wisata tersebut.

 

Kolam Pendederan Ikan Kerapu

 

Kolam Induk

 

Benih Ikan Kerapu Cantik

Ada Dua paket wisata edukasi yang ditawarkan yaitu Kawasan Carocok Painan dan Kawasan Mandeh. Untuk paket yang sudah di buka (kerjasama) yaitu pengenalan pembenihan ikan, budidaya Air Tawar di Balai Benih Ikan (BBI) Pincuran Boga, Pembenihan Ikan Laut dan Payau di BPBALP Sungai Nipah dan Kunjungan Ke Keramba Kerapu Masyarakat Sungai Nipah Nagari Painan Selatan Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan. Setelah pengunjung mengikuti tiga spot wisata tersebut, mereka dapat membawa pulang souvenir berupa olahan ikan yakni teri krispi dan stik ikan.

PAKET WISATA EDUKASI PERIKANAN BUDIDAYA

1.  Paket Kawasan Carocok Painan

a.    Balai Benih Pincuran Boga.

b.    Balai Perikanan Budidaya Air Laut dan Payau

c.     Budidaya Kerapu di Keramba HDPE

2. Paket Kawasan Mandeh

a.    Kawasan Tambak Udang di Carocok Anau

b.    Budidaya Kerapu di Keramba HDPE dan

c.     Hechery (Pembenihan /pendederan kerapu di kawasan Perairan Mandeh)

Kolam Lele sistem Bioflok

Tambak udang Vannamei

 

 

 

 

 

Keramba Jaring Apung Kerapu

 

 

 

 

Panen Ikan Kerapu

 

 

Untuk Foto bisa dilihat Selengkapnya di Galeri Foto

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan Mewujudkan kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Ikan dan Masyarakat pesisir lainnya menuju masyarakat nelayan yang sejahtera dan berdaya saing berdasarkan visi dan misi.
© 2018 Dinas Perikanan. Follow Me : Facebook Youtube