Headline News

header-int

Dinas perikanan Kab.Pessel lakukan sosialisasi program gerakan anti kemiskinan nelayan (Pro Gakin)

Kamis, 25 Jul 2019, 15:25:55 WIB - 57 | Gusti Ayu Wulandari,S.Pi
  Dinas perikanan Kab.Pessel lakukan sosialisasi program gerakan anti kemiskinan nelayan (Pro Gakin)

Sosialisasi Pro Gakin dilakukan di 3 (tiga) wilayah yaitu luhung, kenagarian pasarbaru Kecamatan Bayang, sungai bungin, kenagarian koto nan duo IV koto hilia Kecamatan Batang kapas dan Lansano, Kenagarian Lansano taratak Kecamatan Sutera.

Acara tersebut langsung dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kab.Pesel Andi Syafinal,S.Pi.,M.Si Bersama Kabid Pemberdayaan anaelayan dan Pembudidaya Firdaus ,S.pi dan juga ada penyampaian materi oleh narasumber yaitu Asisten II, Direktur Bank BPR Samudera.

“ Kegiatan ini didasari atas angka kemiskinan nelayan masih cukup tinggi, ini dibuktikan dengan data lebih kurang 19 ribu kepala keluarga yang berprofesi sebagai nelayan masih memiliki pendapatan rendah sehingga berdampak kepada tingkat kesejahteraan nelayan.”  kata Adha Puputusia, A.Md Selaku PPTK.

kepala Dinas Perikanan Kab. Pessel Andi Syafinal,S.Pi.,M.Si mengatakan bahwa Sasaran progakin adalah masyarakat nelayan terhimpun ke dalam kelompok usaha bersama dan /atau koperasi nelayan berbadan hukum yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nelayan dalam rangka perubahan mental dan mindset nelayan dalam melakukan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan menjamin kehidupan yang lebih baik dimasa depan.

Ia menambahkan melalui program Pro Gerakan Anti Kemiskinan Nelayan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kab.Pessel dengan mengimplemantasikan 8 nilai – nilai Pro Gakin tersebut yaitu semangat dalam bekerja, jujur dalam berusaha, hemat dalam bekerja, tabungan harus ada, kesehatan harus dijaga, pendidikan untuk semua, lingkungan harus terpelihara dan kepedulian terhadap sesama diharapkan dapat merubah mental nelayan kearah yang lebih baik.

“Diharapkan setelah implemetasi program ini, tingkat kesejahteraan nelayan menjadi lebih baik, untuk itu pemerintah daerah Kab.Pessel melalui Dinas Perikanan merencanakan melalui 8 nilai – nilai ProGakin ini harus dapat ditanamkan dan diterapkan oleh nelayan dalam kehidupannya sehingga menjadi karakter dan identitas diri bagi masing – masing nelayan dalam upaya meningkatkan kesejateraan hidupnya.” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan Mewujudkan kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Ikan dan Masyarakat pesisir lainnya menuju masyarakat nelayan yang sejahtera dan berdaya saing berdasarkan visi dan misi.
© 2019 Dinas Perikanan. Follow Me : Facebook Youtube