Headline News

header-int

Dinas Perikanan Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten

Selasa, 09 Jul 2019, 09:41:50 WIB - 101 | Gusti Ayu Wulandari,S.Pi
Dinas Perikanan Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten

Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan gelar lomba masak serba ikan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di GOR Zaini Zein (08/07).

Lomba masak serba ikan ini bertemakan “Lomba Masak Serba Ikan Untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat” . Lomba ini diikuti oleh 14 Kecamatan yang masing kecamatan tersebut akan membuat menu Kategori Hidangan Keluarga, Kategori Hidangan Balita dan Kategori Menu Kudapan / Snack dengan bahan baku untuk menu keuarga adalah ikan kembung (Aso-aso) yang harus dimasak secara langsung di lokasi (live perfom).

Acara tersebut juga dihadiri oleh OPD , kecamatan dan ibu-ibu PKK. Sebelum pengumuman pemenang, seluruh tamu undangan diminta untuk mengunjugi stand-stand peserta lomba sehingga juga diketahui inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh masing-masing kecamatan.

“Acara ini bertujuan untuk mengimplementasikan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yaitu membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.” Kata Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Silvina Granita,S.Pi.

Ia menambahkan bahwa lomba masak serba ikan Tingakat Kabupaten ini diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan yang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung didalam Forum Peningkatan Angka Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam acara tersebut juga disampaikan bahwasanya Kabupaten Pesisir Selatan berada pada urutan ke_2 tertinggi angka konsumsi ikannya di Provinsi Sumatera Barat setelah Kepualuan Mentawai yaitu 41,50kg/kapita/tahun dan pada tahun 2018 sudah mencapai 43,75kg/kapita/tahun.

Adapun yang keluar sebagai pemenang dalam 3 macam kategori tersebut adalah :

Kategori

 

Juara 1

Juara 2

Juara 3

Menu Hidangan Keluarga

Basa IV Balai Tapan

Batang kapas

1V Jurai

Menu Hidangan Balita

Batang Kapas

Lengayang

Koto XI Tarusan

Menu Kudapan / Snack

Lengayang

Batang Kapas

Koto XI Tarusan

 

 “Dengan adanya perlombaa ini kami berharap sehingga nantinya target konsumsi ikan di Kabupaten Pesisir Selatan berada pada urutan pertama di Provinsi Sumatera Barat ,“ tutupnya.

 

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan Mewujudkan kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Ikan dan Masyarakat pesisir lainnya menuju masyarakat nelayan yang sejahtera dan berdaya saing berdasarkan visi dan misi.
© 2019 Dinas Perikanan. Follow Me : Facebook Youtube