Headline News

header-int

Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Hama Penyakit Ik

Kamis, 29 Agu 2019, 11:04:04 WIB - 36 | Gusti Ayu Wulandari,S.Pi
Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Hama Penyakit Ik

Acara tersebut dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari Pokdakan sebanyak 14 orang, sebanyak 6 orang PPL/PPB.

Acara tersebut langsung dibuka oleh Kepala  Dinas Perikanan Kab. Pessel Andi Syafinal,S.Pi.,M.Si bersama Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Ir. Syafri Herfindo dan diacara tersebut juga ada penyampaian materi oleh narasumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Barat dan Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ.Bung Hatta.

“Penyakit ikan merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi oleh para pembudidaya karena berpotensi menimbulkan kerugian yang sangat besar. Kerugian yang terjadi dapat berupa peningkatan kematian ikan. Selain itu, serangan penyakit dapat menyebabkan penurunan kualitas ikan sehingga secara ekonomis berakibat pada penurunan harga jual.” kata Andi Syafinal,S.Pi.,M.Si

Ia menambahkan pada saat ini pemakaian antibiotik sebagai obat utama dalam penanganan suatu penyakit akan menimbulkan resistensi dari bakteri penyebab penyakit, jadi semakin banyak antibiotic yang digunakan maka masalah yang dihadapi akan semakin besar. Oleh karena itu pencegahan penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berdampak negative untuk ikan yang dipelihara, mulai banyak dikembangkan sebagai alternative lain dalam pencegahan penyakit ikan.

“Dengan diadakannya pelatihan ini, tentunya kami sangat berharap dapat membawa manfaat untuk perkembangan usaha budidaya pelaku usaha khususnya perikanan budidaya di Kabupaten Pesisir” Tutupnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan Mewujudkan kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Ikan dan Masyarakat pesisir lainnya menuju masyarakat nelayan yang sejahtera dan berdaya saing berdasarkan visi dan misi.
© 2019 Dinas Perikanan. Follow Me : Facebook Youtube