Headline News

header-int

Paket Percontohan budidaya ikan siap dimulai !!

Jumat, 26 Jul 2019, 14:19:22 WIB - 62 | Gusti Ayu Wulandari,S.Pi
Paket Percontohan budidaya ikan siap dimulai !!

Painan, Dinas Perikanan Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumbar serahkan paket percontohan budidaya ikan yang tersebar dibeberapa wilayah di Kab.Pessel.

“Perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan, akan mampu menggerakkan perekonomian daerah dan nasional, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menyerap tenaga kerja dan ditambah lagi usaha perikanan budidaya tidak mengenal gender.” Kata Kasi Penguatan Kelembagaan Dalmasar,S.Pi.

 

Dalmasar melanjutkan ada beberapa wilayah yang diberikan paket percontohan budidaya berupa bibit nila dan pakan ikan nila yaitu ; Kelompok Tabek berkah di Lengayang, kelompok bukit punai sepakat di Ranah Pesisir, kelompok bronjong panjang dan kelompok mina rawa naga di Rahul Tapan. Sementara kelompok penerima untuk paket percontohan budidaya ikan gurami di airpura yaitu ; Durian Sabatang berok, rawa gemulau saiyo, parasetia, talun indah , sedangkan untuk di Silaut kelompok yang menerima yaitu Gurami sumber sari.

 

“Pembangunan perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan, memerlukan dukungan dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga perwakilan rakyat, swasta maupun stake holder lainnya.” Jelasnya.

Dalmasar menambahkan Produksi perikanan budidaya, dari tahun ke tahun terus di genjot dan di tingkatkan. Dengan penerapan teknologi budidaya yang mengedepankan efisiensi dan ramah lingkungan. Potensi pengembangan perikanan budidaya yang masih luas, mendorong pemerintah untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi perikanan dari produksi perikanan budidaya. Meskipun demikian, upaya untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya harus tetap di topang dengan menekan eksploitasi yang berlebihan terhadap sumberdaya alam.

“Dengan melakukan budidaya ikan, kebutuhan pokok yang bersumber dari hewani akan terpenuhi, dan jika itu dikelola secara serius malah bisa menjadi pendapatan tambahan dan penyedia lapangan kerja tersendiri bagi masyarakat yang mengusahakannya,“ tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan Mewujudkan kesejahteraan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Ikan dan Masyarakat pesisir lainnya menuju masyarakat nelayan yang sejahtera dan berdaya saing berdasarkan visi dan misi.
© 2019 Dinas Perikanan. Follow Me : Facebook Youtube